Written by: Written on: Oktober 20, 2015
Lanjutan..........!!
Memotong Garis,Menyambung Garis dan Membuat Garis Lengkung Dengan Perintah "F" (fillet)
KETIK "F" PADA KEYBOARD - ENTER - KETIK "R" - BERI NILAI RADIUS - ENTER - KLIK GARIS 1 - KLIK GARIS 2
Jika nilai "R" = 0 fungsi dari fillet sama dengan Extend "EX" seperti gambar di bawah dan untuk garis yang bersilangan jika nilai "R" = 0 maka fungsi fillet sama dengan perintah Trim "TR".
Membuat Persegi Empat "REC" (rectang)
KETIK "REC" PADA KEYBOARD - ENTER - KLIK PADA DRAWING AREA - KETIK @NILAI X , NILAI Y
Maka gambar dari persegi empat dengan nilai x,y yang anda berikan akan terbuat dan merupakan sebuah garis dalam satu kesatuan.
Menggandakan Objek Dengan Perintah "CO" (copy)
KETIK "REC" PADA KEYBOARD - ENTER - KLIK/ SELECT OBJEK YANG INGIN DIGANDAKAN - ENTER - KEMUDIAN KLIK PADA DRAWING AREA DISEMBARANG TEMPAT (dalam gambar di bawah pada titik A) - ARAHKAN KURSOR - KLIK PADA POSISI YANG DINGINKAN (dalam gambar dibawah A').
Perintah CO (copy) ini hampir sama seperti perintah O (offset) namun beda dari kedua perintah ini jika perintah CO dapat menggandakan objek terdiri dari banyak garis dan untuk perintah O hanya untuk garis. Jika ingin menentukan arah copian sejauh yang diinginkan kita cukup memberi nilai pada poin terakhir pada perintah diatas lalu enter.
Membuat Lingkaran Dengan Perintah "C" (circle)
KETIK "C" PADA KEYBOARD - ENTER - KLIK PADA DRAWING AREA - MASUKAN NILAI DARI RADIUS LINGKARAN YANG INGIN DI BUAT - ENTER
Pencerminan Objek "MI" (mirror)
KETIK "MI" PADA KEYBOARD - ENTER - PILIH OBJEK YANG AKAN DI MIROR - KLIK PADA DRAWING AREA - GERAKAN KURSOR KEARAH VERTIKAL ATAU HORIZONTAL (langkah ini merupakan batasan jarak antara objek sebenar dengan bayangan/hasil pencerminan) - KLIK LAGI DI POSISI 2 - PILIH Y/N - ENTER (lihat gambar)
Pilihan Y/N ini merupakan permintaan untuk tidak menghapus objek yang menjadi pencerminan Yes atau menghapus objek yang menjadi objek pencerminan No.
Garis Melengkung "ARC"
KETIK "ARC" PADA KEYBOARD - ENTER - KLIK 1 - ARAHKAN KURSOR - KLIK 2 - ARAHKAN KURSOR - KLIK 3
Mencari Luas Area Dan Panjang Dari Penjumlahan Garis-garis "AA" (area)
Untuk mencari luas area dan panjang dari garis dari suatu bangunan 2d cukup simple langkah yang dapat kita lakukan:
KETIK "AA" PADA KEYBOARD - ENTER - KLIK PADA SETIAP SUDUT GARIS HINGGA MENUTUP - ENTER
Memperpanjang Objek/Garis "S" (stretch)
Untuk memperpanjang objek/garis dengan perintah Stretch "S"
KETIK "S" PADA KEYBOARD - ENTER - SELECT GARIS/ OBJEK YANG INGIN DI PANJANGKAN DENGAN CARA BLOK - ENTER - KLIK 1 PADA DRAWING AREA - ARAHKAN KURSOR - KLIK 2 (lihat gambar dibawah)
Menyatukan Garis-garis Dari Sebuah Gambar Menjadi Satu Kesatuan "B" Block
KETIK "B" PADA KEYBOARD - ENTER - PADA TAMPILAN PILIH SELECT OBJECTS - BLOK SEMUA GARIS/GAMBAR - ENTER - LALU BERI NAMA DARI OBJEK - PILIH OK
Untuk Memecah Garis-garis Yang Di Blok "X" (xplode)
KETIK "X" PADA KEYBOARD - ENTER - PILIH GAMBAR YANG DIBLOK/YANG TELAH MENJADI SATU KESATUAN - ENTER
Dengan cara ini gambar yang telah menjadi satu kesatuan akan kembali menjadi kumpulan garis-garis. berupa gambar dan dapat di edit.
Untuk Mengetahui Panjang Garis "DI" (dist)
Untuk mengetahui panjang dari sebuah garis kita dapat menngunakan perintah "DI" dist
KETIK "DI" PADA KEYBOARD - ENTER - KLIK DIUJUNG GARIS 1 - KLIK DI UJUNG GARIS 2
Menerapkan Indentity Layer Dari Garis "MA" (matchprop)
Untuk menerapkan indentity layer pada satu garis yang belum diberi indentity layer baik berupa ketebalan,jenis garis,warna dapat kita terapkan dengan perintah "MA"
KETIK "MA" PADA KEYBOARD - ENTER - PILIH GARIS YANG TELAH DIBERI INDENTITY LAYER - PILIH GARIS YANG INGIN DI BERI INDENTITY LAYER - ENTER
Untuk Membuat Garis Dengan Sudut Yang Diinginkan Menggunakan Perintah "L" (line)
Garis ini biasa digunakan untuk garis atap dengan kemiringan tertentu kita dapat menggunakan perintah "L" pada aplikasi AutoCad.
KETIK "L" PADA KEYBOARD - ENTER - KLIK DI DRAWING AREA - KETIK LAMBANG < (lebih kecil) - MASUKAN NILAI DARI SUDUT YANG DIIGINKAN - ENTER
Demikian beberapa perintah dari aplikasi AutoCad yang paling sering digunakan untuk dapat menggambar sebuah gambar "CARA MENGGAMBAR RUMAH 2D SEDERHANA", mudah-mudahan tutorial BELAJAR AUTOCAD I dan BELAJAR AUTOCAD II ini dapat dipahami dan menjadi sebuah ilmu yang berguna buat kita semua.
Untuk perintah perintah lainnya dapat kita pelajari dalam tutorial-tutorial selanjutnya.Untuk yang kurang jelas dapat anda tanyakan pada laman komentar dibawah ini.